always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

China Larang Produk Impor Seafood dari Jepang! Imbas Limbah Radioaktif di Fukushima

Slow loop

Banyak Netizen yang Ikut Menanggapi Permasalahan ini

Yo mina san!

Pada hari Kamis, China mengumumkan larangan menyeluruh segera terhadap semua impor produk seafood dari Jepang.

Hal itu dilakukan setelah pemerintah Jepang mulai melepaskan air radioaktif yang telah diolah dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang hancur ke Samudra Pasifik.

"Sangat khawatir tentang risiko kontaminasi radioaktif yang dibawa oleh... produk makanan dan pertanian Jepang yang diekspor ke China,"

Begitulah ungkap salah satu pejabat bea cukai di China mengenai keputusan larangan impor seafood dari Jepang ini.

Dua tahun lalu, diresmikan oleh pemerintah Jepang dan disetujui oleh lembaga pengawas nuklir PBB bulan lalu, pembuangan ini adalah langkah kunci dalam proses panjang dan sulit untuk menghentikan reaktor pembangkit listrik Fukushima Daiichi setelah dihancurkan oleh tsunami.

Namun, China kembali menegaskan pada hari Kamis bahwa mereka sangat menentang rencana tersebut dan menyatakan bahwa pemerintah Jepang belum membuktikan legitimasi dari pembuangan air tersebut.

Fredrerica

"Pihak Jepang seharusnya tidak menyebabkan dampak sekunder terhadap masyarakat lokal maupun masyarakat dunia akibat kepentingan egoisnya sendiri," 

Pernyataan diatas dikeluarkan oleh Menteri Luar Negeri China pada hari kamis. Menanggapi hal tersebut, Tokyo balik mengkritisi China dengan mengatakan bahwa mereka telah menyebar klaim yang tidak didukung secara ilmiah.

Tokyo berpendapat bahwa pelepasan air tersebut aman, mencatat bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) juga menyimpulkan bahwa dampaknya terhadap manusia dan lingkungan adalah "tidak signifikan."

Pada tahun 2022, Jepang mengekspor produk perikanan senilai sekitar $600 juta ke China, menjadikannya pasar terbesar untuk ekspor Jepang, dengan Hong Kong berada di posisi kedua. 

Penjualan ke China dan Hong Kong menyumbang 42% dari seluruh ekspor produk perikanan Jepang pada tahun 2022, menurut data pemerintah. 

Melihat hal tersebut, banyak sekali netizen yang ikut berkomentar. Banyak yang tidak suka dengan keputusan yang dibuat China, namun ada juga yang tidak menyalahkan keputusan tersebut.

Untuk selengkapnya kalian bisa menyimaknya di:

japantoday.com



https://ift.tt/nEd23uq