always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Polemik Mobile Legends Indonesia vs USA di IESF 2023, Apa Memang Harus Redraft?

 

IESF 2023
Source: YT MLBB eSports

Meta Redraft is real!?

Yo mina san!

Buat kalian para penggemar Mobile Legends, pasti kalian tidak akan melewatkan turnamen berskala internasional yang baru saja di gelar ini.

Ya di IESF 2023 yang berlokasi di Romania, cabor Mobile Legends kembali di pertandingkan, dan yang lebih spesial adalah kali ini pesertanya jauh lebih banyak.

Namun baru di hari pertama, sebuah permasalahan runyam langsung terjadi. Di game ketiga antara Indonesia melawan USA terjadi kendala diluar dugaan yang sangat mengganggu permainan, hingga pada akhirnya pertandingan harus diulang mulai dari awal dengan melakukan draft ulang.

Melihat keputusan tersebut, banyak sekali yang kecewa. Mereka menganggap bbahwa keputusan itu sangat merugikan, terutama untuk pihak USA karena di game ketiga mereka menang draft dan sedang unggul.

Nah dari situ, mulailah muncul komentar-komentar simpang siur yang akhirnya menjadi pertikaian online antar netizen yang pendapatnya berseberangan.

So disini saya berusaha untuk menjelaskan duduk perkara yang sebenarnya dengan harapan pertikaian tersebut bisa reda.

Kronologi Drama Redraft IESF

Posisi pada saat itu masih berimbang, 1-1 antara Indonesia dan USA. Jadi pemenang dari pertandingan tersebut ditentukan pada game ketiga.

Pada game ketiga bisa dibilang USA unggul secara draft, hal tersebut terbukti dengan permainan mereka yang sangat unggul, pada akhirnya mereka berhasil mendapatkan turtle pertama.

Kondisi goldpun mulai berubah, kini USA unggul 400 gold dari Indonesia. Dan di menit ketiga, Vyn yang merupakan player dari tim Indonesia meminta pause kepada panitia.

iesf 2023
Source: YT MLBB eSports

Jika kalian menyimak dengan baik, kalian pasti menyadari gelagat aneh dari Valentina Moreno yang diam saja di sebelah bush mid.

Tak lama setelah itu ia akhirnya ditarik oleh Franco Warrior, bukannya melarikan diri, Valentina Moreno tersebut malah berjalan lurus menuju turret milik tim USA.

Baru setelah itu game langsung dipause. Pause disini tak kunjung selesai, bahkan sampai memakan waktu berjam-jam.

Fwydchickn yang merupakan pemain dari USA mengeluarkan keluhannya dalam sebuah video. Di video tersebut kita jadi bisa mengetahui kondisi venue tempat mereka bertanding, dan kita juga bisa tahu kalau saat itu kondisinya wifi di venue mati total.


Dari video di youtube Snipe Gaming TV tersebut kalian bisa melihat keluh kesah Fwydchickn, ia juga menyesalkan mengapa harus dilakukan Redraft.

Ia tidak menyalahkan pihak Indonesia, ia merasa kalau Indonesia juga dirugikan karena mengalami disconnect, khususnya pada Moreno.

Pertandingan pun kembali dilanjutkan setelah jeda yang sangat panjang, redraftpun terjadi, dan hasil akhirnya USA menelan kekalahan.

IESF 2023
Source: YT MLBB eSports

Apa Memang Harus Redraft?

Jujur saya sendiri merasa kalau Redraft yang dilakukan dalam game tersebut sangatlah konyol, menurut saya restart saja sudah cukup, tidak perlu sampai redraft.

Dan ya, banyak sekali orang yang sepemikiran dengan saya. Namun kalau dipikir-pikir, panitia tidak akan melakukan hal tersebut tanpa alasan bukan?

So setelah saya mencari-cari, akhirnya ada seseorang yang menjelaskan mengenai redraft ini dengan jelas.


Di postingan yang diunggah oleh akun instagram @letalksid  dijelaskan secara mendetail, bahwa keputusan mengenai redraft tersebut sudah dijelaskan di rulebook.

Dari postingan tersebut kita bisa tahu bahwa apabila terjadi suatu permasalahan serius yang secara signifikan mempengaruhi jalannya game, maka diperbolehkan untuk mengulang pertandingan.

Mengulang disini dalam artian mulai dari awal, mulai dari fase drafting kembali. Dan setiap tim akan diberi waktu 5 menit untuk menyusun taktik baru sebelum draf ulang dimulai.

Dan satu poin penting yang perlu diketahui juga bahwa seluruh keputusan tersebut ditentukan oleh penyelenggara turnamen.

So bisa dipahami kalau keputusan redraft adalah murni ditentukan oleh penyelenggara turnamen, tanpa mempertimbangkan pendapat dari tim Indonesia ataupun USA.

Untuk selengkapnya kalian bisa mengunjungi akun instagram dari @letalksid. Disitu juga sudah tersedia rulebook IESF 2023 versi bahasa Indonesia.

Saya harap setelah membaca artikel ini kalian jadi bisa lebih paham mengenai polemik yang telah terjadi.

Stop ributnya, siapa juga sih yang terkendala ketika turnamen, tak hanya para pemain, tapi para penontonnya juga ikut terganggu kalau ada kendala.

So mari kita doakan saja agar kelanjutan dari IESF 2023 ini bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala apapun.



https://ift.tt/er1oR2O