always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bukan Lagi Celana atau Rok, Inilah Seragam Baru Murid SMA di Jepang!

 

Seragam

Seragam Unik yang Bisa Dipakai Murid Laki-Laki atau Perempuan

Yo mina san!

Ok kali ini saya akan membahas salah satu hal unik yang baru-baru ini ramai diperbincangkan, ya hal ini tentang seragam murid SMA di Jepang.

Seperti yang kalian ketahui, seragam sekolah di Jepang sangatlah beragam, setiap sekolah memiliki modelnya masing-masing.

Entah itu seragam yang lengkap dengan blazer atau seragam pelaut, yang jelas setiap sekolah disana memiliki seragam dengan modelnya sendiri.

Namun baru-baru ini ada satu sekolah di Jepang yang memperkenalkan seragam baru, sergam ini bisa dibilang sangat unik karena bisa dipakai para murid perempuan atau laki-laki.

Yamasaki Prefectural High School, sekolah yang berlokasi di Kota Shiso, Prefektur Hyogo ini telah beberapa kali melakukan revisi mengenai kebijakan seragam mereka.

Pada awalnya sekolah ini sama seperti sekolah pada umumnya dimana mereka mewajibkan siswa untuk memakai celana panjang dan para siswi untuk memakai rok.

Namun kebijakan tersebut perlahan mulai berubah, pada tahun 2020 kemarin mereka merubah kembali kebijakannya dimana para murid disana bisa bebas memakai rok atau celana panjang.

Hal tersebut bisa terjadi karena ada sejumlah murid yang mengaku tidak nyaman ketika memakai rok, selain itu mereka juga membebaskan untuk memakai dasi atau pita pada seragam mereka (pada umumnya siswa akan memakai dasi dan siswi akan memakai pita).

Tak hanya itu, sekolah ini juga mulai memperkenalkan kulot sebagai seragam sekolah mereka. Dilansir dari twitter @memuset, kalian bisa melihat sendiri bagaimana bentuk dari kulot tersebut.

Ada sekitar 70% murid yang setuju kalau kulot dijadikan seragam sekolah mereka, karena dukungan yang masuk begitu besar, pihak sekolah akan mulai memperbolehkan para muridnya untuk memakai kulot di tahun ajaran baru 2023.

Selain itu sekolah ini juga mulai mengeluarkan blazer terbaru dimana kancingnya bisa diatur sesuai kenyamanan para muridnya, jadi terserah mereka kancingnya mau ditaruh di sebelah kanan atau kiri.

Seragam yang unik mereka, namun menurut saya selagi tidak mengganggu proses belajar dan mengajar, saya rasa seragam model apapun boleh-boleh saja digunakan.

Kalau dilihat dari peristiwa diatas, saya rasa pihak sekolah ingin membuat suasana senyaman mungkin untuk para muridnya, bahkan sampai hal mendetail seperti letak kancing.

Sumber: soranews24.com



https://ift.tt/8rAQv2N