always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Pohon Sakura Raksasa di Jepang, Ada yang Berusia 2000 Tahun!

 

Pohon sakura

Menjulang Tinggi Sembari Memamerkan Keindahannya

Yo mina san!

Bunga sakura dan Jepang, dua hal ini benar-benar tidak bisa dipisahkan, bunga khas negara Jepang ini seakan menjadi perwakilan negara tersebut.

Bunga ini benar-benar spesial di Jepang dan bahkan sampai ada sebuah festival dimana para warga disana akan menghabiskan waktu bersama untuk melihat bunga sakura yang bermekaran.

Dari sekian banyak pohon sakura yang ada di Jepang, ada 5 pohon yang keberadaannya benar-benar mangagumkan.

Kelima pohon purba ini ditetapkan sebagai monumen alam pada tahun 1922, hingga sampai sekarang pohon-pohon tersebut masih berdiri dan memamerkan keindahannya.

Selain indah, pohon ini juga memiliki ukuran yang super besar, penasaran dengan 5 pohon raksasa ini? mari kita bahas satu persatu.

1. Kariyado no Gebazakura (Shizuoka Prefecture)

Kariyado no Gebazakura (Shizuoka Prefecture)

Dengan sejarah yang terbentang lebih dari 800 tahun, pohon ini terletak di Kota Fujinomiya Prefektur Shizuoka, menurut legenda pernah berdiri setinggi lebih dari 30 meter! Selama berabad-abad. 

Sejumlah topan telah menghancurkan tubuhnya yang tangguh, mengurangi ketinggian pohon menjadi kurang dari setengah tingginya pada puncaknya.

2. Ishito Kabazakura (Saitama Prefecture)

Ishito Kabazakura (Saitama Prefecture)

Berdiri selama lebih dari 800 tahun, Ishito Kabazakura berada di Kota Kitamoto, Prefektur Saitama. 

Menurut cerita, asal-usulnya terletak pada kehidupan akhir Heian dan komandan militer periode Kamakura awal, Minamoto no Noriyori, yang dikatakan telah menanam benih dari mana pohon besar itu tumbuh. 

Pohon yang namanya diambil dari nama panggilan Noriyori “Kaba Kanjya” ini berdiri di tanah Tokoji, sebuah kuil yang ia dirikan.

3. Miharu Takizakura (Fukushima Prefecture)

Miharu Takizakura (Fukushima Prefecture)

Terletak di Kota Miharu di Prefektur Fukushima adalah Miharu Takizakura kuno dan mulia, umumnya dianggap sebagai satu-satunya sakura terindah di Jepang. 

Pohon ini, yang nama puitisnya berarti "bunga sakura air terjun Miharu", dicirikan oleh cabang-cabangnya yang sangat lebar dan  menggantung lebat.

Pohon Edohigan ini berumur lebih dari 1.000 tahun, tingginya 13 meter dan menyebar sekitar 20 meter dengan keliling akar 11 meter. Pengalaman yang luar biasa untuk dilihat.

4. Yamataka Jindai Zakura (Yamanashi Prefecture)

Yamataka Jindai Zakura (Yamanashi Prefecture)

Kota Hokuto di Prefektur Yamanashi tidak hanya menjadi rumah bagi pohon sakura tertua di Jepang, tetapi mungkin juga yang tertua di dunia. 

Yamataka Jindai Zakura yang legendaris, juga merupakan varietas Edohigan, yang berada di lokasi kuil Jissoji. Diperkirakan berusia antara 1.800 hingga 2.000 tahun. 

Batang pohon sakura yang berbonggol berdiameter lebih dari 10 meter: kira-kira enam orang dapat melingkari pangkal pohon sambil berpegangan tangan! 

Pada tahun 2001, terungkap bahwa pohon itu sakit dan melemah, sehingga tiang-tiang kayu dipasang untuk menopang cabang-cabangnya.

5. Usuzumi Zakura (Gifu Prefecture)

Usuzumi Zakura (Gifu Prefecture)

Salah satu dari Tiga Pohon Sakura Besar (bersama Jindai Zakura dan Miharu Takizakura) adalah Usuzumi Zakura. 

Pohon yang menjulang tinggi ini terletak di Neodani, Taman Usuzumi, dekat Kota Gifu. Legenda mengatakan bahwa pohon ini ditanam dengan tangan sebagai bibit sejak lama oleh Kaisar Keitai pada tahun 467, membuatnya berusia lebih dari 1.500 tahun.

So jika kalian berkunjung ke Jepang pada musim semi, maka sudah wajib rasanya untuk mengunjungi setidaknya satu dari 5 pohon sakura raksasa ini.

Sumber: japantoday.com



https://ift.tt/z4qVBfl