always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Telur Dimasak Menggunakan Panas Bumi! Kira-Kira Rasanya Gimana Ya?

 

Inuzuka Tsumugi

Memanfaatkan Uap di Pemandian Air Panas untuk Memasak Makanan

Konichiwa mina san!

Ok kali ini saya akan membahas salah satu cara unik untuk memasak sebuah makanan. Memasak makanan dengan uap, atau bisa juga disebut dengan cara mengukus.

Mengukus sendiri merupakan cara memasak yang sudah sangat umum, namun hal tersebut menjadi tidak umum lagi jika energi panas yang digunakan adalah langsung dari panas bumi.

Ya di Jepang ada banyak sekali tempat dimana mereka menyediakan makanan yang sebelumnya dimasak menggunakan energi dari panas bumi.

Jepang sendiri memiliki energi panas bumi yang melimpah sehingga membuat negera yang satu ini memiliki titik sumber air panas yang banyak.

Selain dimanfaatkan untuk tempat pemandian air panas, sumber air panas tersebut juga dimanfaatkan untuk memasak makanan.

Onsen Tamago, salah satu olahan yang khas pemandian air panas ini adalah telur yang direbus menggunakan panas bumi pada suhu 149 derajat fahrenheit. Telur ini memiliki tekstur yang unik dimana putih telurnya akan sangat lembut, sedangkan kuning telurnya akan cenderung lebih keras.

Selain Onsen Tamago, ada Onsen Manju, kue ini berisikan pasta kacang merah yang sebelumnya dikukus menggunakan uap di pemandian air panas.

Di tempat pemandian, para pelanggan juga bisa langsung memasak makanan di sana, salah satu tempat yang menyediakan layanan tersebut berada di kota Beppu.

Kota pesisir yang berada di Kyushu ini memiliki tempat pemandian air panas yang sangat banyak.

Di tempat pemandian air panas tersebut, para pelanggan yang datang bisa membeli daging, sayur, ikan, telur untuk langsung dimasak.

Makanan tersebut akan dimasak di sebuah wadah khusus yang sudah terhubung dengan uap dari sumber air panas.

Steam

Belerang yang terkandung didalam uap akan membuat rasa makanan menjadi semakin umami, selain itu kandungan zat besi juga membuat makanan yang dimasak menjadi lebih menyehatkan.

Memasak dengan menggunakan metode ini juga bisa menghemat listrik atau gas, selain bisa berhemat hasil masakannya juga sangat nikmat dan menyehatkan.

Sumber: japantoday.com



https://ift.tt/yCTIoDG