always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Menarik Wagyu Beef, Daging Sapi Terbaik yang Berasal dari Jepang

 

Nadeshiko

Apakah Semua Daging Sapi di Jepang Disebut Wagyu?

Konichiwa mina san!

Kali ini saya akan membahas salah satu bahan makanan mewah yang berasal dari Jepang yakni wagyu beef atau daging wagyu.

Secara harfiah kata wagyu diambil dari kata "wa" yang berarti Jepang dan kata "gyu" yang berarti sapi. Meski memiliki arti sapi Jepang, namun bukan berarti semua daging sapi di Jepang disebut wagyu.

Wagyu sendiri mengacu pada 4 ras sapi di Jepang yakni Kuroge (Japanese Black), Akage (Japanese Brown), Mukake (Japanese Polled), dan Nihon Tankaku (Japanese Shorthorn).

Daging wagyu sendiri diklasifikasikan berdasarkan huruf dan angka, huruf A sampai C menandakan kuantitas dari daging tersebut, dan angka 1 sampai 5 menandakan kualitas dari daging tersebut.

Tingkat kualitas didasarkan pada marbling, warna dan kecerahan daging, kekencangan dan tekstur, serta warna dan kualitas lemak. Daging sapi wagyu dengan kualitas terbaik dan termahal diklasifikasikan sebagai A5.

Wagyu beef

Lemak pada daging wagyu tersimpan di dalam otot, sehingga ketika daging ini dimasak dan kalian makan, maka akan menimbulkan sensasi meleleh di dalam mulut.

Selain itu aroma serta cita rasa dari daging ini juga sangat berbeda jauh dengan daging sapi biasa.

Selain itu Empat puluh persen lemak jenuh yang terkandung dalam wagyu adalah asam stearat, yang dikatakan berdampak minimal pada kadar kolesterol.

Wagyu digunakan dalam berbagai masakan. Cara memasak paling populer termasuk steak, Sukiyaki, Shabu-shabu dan Yakiniku. 

Wagyu beef

Sukiyaki adalah daging sapi, tahu, dan sayuran yang diiris tipis yang dimasak dalam wajan besi dengan gula dan kecap, dan dimakan dengan celupan telur mentah. 

Shabu-shabu adalah daging yang diiris tipis-tipis yang dimasak sebentar dalam kuah panas, bersama sayuran, tahu, dan mi. 

Yakiniku dipanggang sebentar pada suhu yang sangat tinggi, dan dimakan dengan beberapa bumbu seperti kecap asin atau garam dan wasabi. 

Untuk menikmati tekstur dan aroma Wagyu yang unik, waktu memasak harus minimal dan tidak boleh terlalu lama.

Sumber: japanwondertravel.com



https://ift.tt/LoGXfkv