always trying,praying and creative
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fakta Unik Wasabi, Ternyata 99% Wasabi di Dunia itu Palsu!

Minami Ke

 Benar-Benar Sulit untuk Menemukan Wasabi yang Tidak Palsu

Yo mina san!

Wasabi, kalian pasti sudah tahu mengenai saus pedas yang satu ini. Ya jika kalian pernah makan sushi, maka kalian pasti akan menemui wasabi di sampingnya.

Wasabi sendiri merupakan salah satu bumbu di Jepang yang memiliki rasa pedas yang unik, ya rasa pedasnya langsung menusuk ke hidung, membuat cita rasa makanan yang dihidangkan bersama dengan wasabi semakin unik.

Namun tahukah kalian kalau hampir 99% wasabi yang kalian temui itu palsu, ya kalian tidak salah baca, hampir semua wasabi yang kalian temui itu bukanlah wasabi.

Wasabi

Wasabi sendiri dibuat dari akar tanaman yang memiliki nama yang sama yakni wasabi. Banyak orang yang mengira kalau wasabi dibuat dari lobak.

Lobak yang dimaksud kebanyakan orang adalah horseradish, meskipun masih dalam family yang sama yakni brassiciae, namun wasabi dan horseradish adalah dua tanaman yang berbeda.

Akar dari tanaman wasabi yang sudah dibersihkan akan diparut hingga pada akhirnya akan menghasilkan pasta wasabi yang berwarna hijau. Rasanya sangat ringan dan memiliki tingkat kepedasan yang lebih rendah dari wasabi palsu.

Wasabi palsu sendiri dibuat dari Horseradish, dan 99% wasabi di dunia dibuat dari horseradish ini, maka dari itu kesalah pahaman bahan dasar wasabi jadi lebih parah gara-gara hal ini.

Lantas mengapa presentase wasabi palsu di dunia menjadi sangat besar? hal tersebut disebabkan karena wasabi sendiri merupakan tanaman yang sulit untuk dibudidayakan.

Karena sulit dibudidayakan membuat wasabi menjadi tanaman yang langka dan memiliki harga yang mahal, selain itu wasabi yang dibuat dari wasabi asli tidak bertahan lama.

Pasta yang dihasilkan dari parutan wasabi harus segera dimakan, dan akar wasabi yang terbuka tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Wasabi

Maka dari itu, kebanyakan tempat makan akan lebih memilih untuk menyediakan wasabi palsu daripada yang asli.

Jika kalian ingin merasakan bagaimana rasanya wasabi asli, maka kalian perlu untuk pergi ke restoran kelas atas di Jepang.

Sumber: japanwondertravel.com



https://ift.tt/POHctNh